Friday 18 January 2013

Pengkot Percasi Medan Realisasikan Program Catur Masuk Sekolah












Ketua Umum Percasi Medan  Sonny Firdaus SH (lima dari kiri atas) diabadikan dengan SMK Dr. Sjahrir dalam rangka sosialisasi catur ke sekolah di SMK Dr. Sjahrir di Jalan Perbaungan Medan, Kamis (8/3).


.
Medan, (Analisa). Pengkot Percasi Medan memulai program perdananya dengan melakukan sosialisasi catur masuk sekolah. Untuk tahaf awal, catur masuk sekolah dilakukan di SMK Dr Sjahrirdi Jalan Perbaungan Medan pada Kamis (8/3).
Ketua Umum Pengkot Percasi Medan, Sonny Firdaus Panjaitan SH didampingi Sekum Ir H Syaharuddin Noor MN mengatakan, sosialisasi catur masuk sekolah itu merupakan salah satu program dalam upaya mengenalkan olahraga catur kepada para pelajar.

"Olahraga caturmerupakan sarana yang menyenangkan bagi pelajar untuk mengembangkan kepribadian. Karena dengan bermain catur berarti melatih otak kanan dan kiri, melatih kepercayaan diri, kedisiplinan, kesabaran, daya tahan, serta keterampilan membuat rencana, strategi, dan pengambilan keputusan yang tepat dalam waktu terbatas," ujar Sonny yang juga anggota DPRD Sumut itu.

Menurutnya, manfaat belajar catur bagi para siswa antara lain catur mengajarkan kepada siswa untuk berpikir dan mempunyai visi ke depan serta mempunyai tujuan, sebagaimana permainan catur yang menghendaki pemain melakukan perencanaan dan strategi untuk mencapai suatu tujuan memperoleh kemenangan.

Sonny mengajak para siswa SMK Dr Sjahrir untuk mempersiapkan diri menghadapi Kejuaraan Catur Antarpelajar 2012 yang digelar pada Juli mendatang.

"Sosialisasi catur ke sekolah ini akan berlanjut ke sekolah lainnya. Kami berharap program ini mendapat dukungan dari Diknas, Dispora dan KONI Medan," imbuhnya lagi.

Sementara itu, Sekum Percasi Medan Sekum Ir H Syaharuddin Noor MN menambahkan, olahraga catur punya hubungan dengan ilmu pengetahuan. "Ketika bermain catur seorang siswa akan menganalisis, mengasah logika dan belajar mengambil keputusan. Bermain catur juga berpikir seperti komputer, berhitung dan berkalkulasi dalam waktu yang terbatas," ujar Syaharuddin yang juga salah staf pengajar di Universitas T Amir Hamzah itu.

Disebutkannya, catur juga mengajarkan siswa untuk berkompetisidan melatih mental sehingga terbiasa mengalami kompetisi, mengalami kemenangan/kesuksesan dan kekalahan/kegagalan dalam kehidupan.

"Catur menguji kesabaran, mengatasi kecemasan, dan membangkitkan daya tahan dalam melakukan konsentrasi, serta membangkitkan kekuatan diri bagi si pecatur," tambahnya.

Syaharuddin Noor menyebutkan, catur ini merupakan salah satu olahraga yang mempunyai gelar yakni mulai dari Master Percasi (MP), MN, MF, MI dan GM. "Semua gelar itu diberikan setelah pecatur mampu memenuhi ketentuan mengenai gelar ini dari PB Percasi.

Sedangkan guru catur SMK Dr Sjahrir, Erhan Tarmizi WMN mengajarkan kepada anak didiknya permainan catur yang benar dan tata cara pengisian notasi catur.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Pengkot Percasi Medan, Sonny Firdaus Panjaitan SH memberikan sumbangan papan catur kepada seluruh siswa SMK Dr Sjahrir yang diterima Kasek Nurhajaty ST Spd. Wakasek I Lasma Munthe SPd dan Wakasek III Jonesio BBA.

0 comments:

Post a Comment