Friday 24 May 2013

Pengalaman Kerja (PKL) di Jakarta

DEVI KELAS XI - SMK DR.SJAHRIR
Pada awalnya saya masuk sekolah SMK DR.SJAHRIR jurusan Akuntansi Perpajakan, karena adanya promosi berupa brosur dari SMK DR.SJAHRIR dan alasanya terkuat nya adalah keinginan dari orang tua.

Setelah bersekolah di SMK DR.SJAHRIR, saya baru mengetahui tujuan orang tua saya menyekolahkan saya di SMK D.R. SJAHRIR. Awal bersekolah di SMK Dr. Sjahrir, saya mendapatkan pengalaman yang cukup banyak. Dari awal MOS (Masa Orientasi Sekolah), kami dilatih untuk memperkuat kekebalan mental, rasa percaya diri, kedisiplinan dan yang terpenting adalah membangun rasa kekeluargaan. Disamping itu, saya juga dapat mengikuti pelajaran yang diajarkan karena adanya guru SMK Dr. Sjahrir yang Profesional, Berintegrasi tinggi dan rasa kedisiplinan yang tercemin dari setiap guru sehingga membuat saya dapat belajar lebih banyak.

Pada Awal tahun ajaran , saya diangkat menjadi Bendahara kelas sekaligus Bendahara OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Dari itu, saya diajarkan untuk dapat mengelola keuangan kelas dengan baik. Saya juga senang dan bangga bersekolah di sekolah SMK Dr. Sjahrir jurusan Akuntansi Perpajakan yang baru pertama kali ada di Sumatera Utara. Sekolah yang lengkap dengan berbagai falsilitas dan terdapat juga berbagai jenis kegiatan ekstrakulikuler yang bisa diikuti dan dikembangkan selama proses belajar.

Kegiatan yang dapat diikuti dan dikembangkan antara lain : adanya kegiatan futsal, paduan suara, perlombaan dance, perlombaan catur, dan khususnya sekolah kami mengikuti Olimpiade Perpajakan (Tax Smart Challenge) yang diadakan sederajat Universitas (mahasiswa). Saya dan beberapa teman saya terpilih dari sekolah untuk mengikuti Olimpiade tersebut dan bangganya adalah kami merupakan siswa/siswi satu-satunya yang masih duduk di bangku SMK yang ikut serta menjadi peserta di Olimpiade tersebut.

Pada bulan Februari, sudah waktunya saya dan teman-teman saya yang berkelas XI melakukan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Ada teman-teman saya yang ditempatkan di Bank Sumut, Perusahaan Swasta, BUMN dan saya serta beberapa teman saya di tempatkan di Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Sumut I. Selama PKL berlangsung, saya mendapatkan pengalaman yang sangat bermanfaat. Pada Pertengahan bulan Maret, saya dan tiga orang teman saya terpilih dipindahkan ke Jakarta untuk melanjutkan kegiatan PKL kami.

Selama di Jakarta, saya dapat mempelajari berbagai hal baru dan sangat bermanfaat bagi saya. Saya diajari untuk hidup mandiri karena jauh dari orangtua dan teman, diajari untuk dapat menyelesaikan masalah sendiri serta dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Selain itu, saya juga dapat memperdalam pengetahuan saya dengan cara mempraktekkannya secara langsung selama PKL ini. Hari demi hari pun berlalu, saya dan tiga orang teman saya pun sudah PKL di Jakarta selama sebulan dan pada akhir bulan April, kami pun kembali pulang ke Medan. Semua itu merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi saya.

Akhir kata, hanya sampai disini saya dapat menyampaikan kesan dan pesan saya selama bersekolah di SMK Dr. Sjahrir dan segala kegiatan yang saya lakukan di sekolah SMK Dr. Sjahrir. Sekian dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya. See u at SMK DR.SJAHRIR- Generasi Muda Bijak Pajak

0 comments:

Post a Comment