Friday 24 May 2013

Belajar banyak hal waktu PKL dan pengalaman bersama SMK DR.SJAHRIR



Clara Safira Hanness (PKL tahun 2013 kelas XI SMK DR.SJAHRIR MEDAN)

PKL ternyata sangat menyenangkan dan memberikan saya pengalaman yang sangat berharga.

Pesan dan Kesan Waktu Olimpiade Pajak :

kesan : Waktu ikut olimpiade pajak rasanya seru dapat menambah wawasan, tetapi sedikit pesimis juga tidak yakin menang karena lawannya lwannya adalah anak-anak kuliahan sedangkan kami hanya anak SMK yang baru tahun ke 2. Kami mencoba berusaha sekuat tenaga di babak penyisihan 1 yaitu lewat pengujian tulisan. Disini saya bersama 1 tim dengan Shanny dan Aisy. Ada tim laen dari SMK DR.SJAHRIR ikut juga yaitu Devi,Apit dan Nurul terus Charlie, Paulina dan Berlian.

Dibabak penyisihan yang pertama soal yang diujikan terdiri dari yang mudah dan ada yang sulit juga karena ada soal yang belum kami pelajari.Tetapi kami menjawab saja sesuai dengan apa yang kami ketahui. Lalu setelah selesai babak pertama, kami menunggu panitia menngumumkan hasil pertandingannya. Kami menunggu pengumuman kelompok-kelompok mana saja yang masuk lima Besar atau kualifikasi ke babak Final.

Nah, waktu disini kami dah pesimis pasti tidak mungkin lolos seleksi babak pertama karena lawan tanding yang lebih tua yaitu anak kuliahan. Saat pengumuman mulai disebutkan satu per satu, universitas yang masuk final disebutin dari urutan pertama sampai ke empat. Jadi tinggal yang ke-lima belum disebutkan. Saat itu kami hanya bisa berkhayal masuk final. Eh ternyata kelompok kami benaran masuk lima besar yaitu tim saya, Aisy dan Shanny. Lalu babak final pun berjalan dengan cara cerdas cermat. Saat pengumuman babak final ternyata kami kalah dan hanya juara ke 5. Tapi itu dah membuat saya bangga karena kami bisa masuk 5 besar dan merupakan satu-satunya peserta dari SMK yang ikut oimpiade perpajakan yang pertama kali diselenggarakan di Medan dan Indonesia.

Pesan : semoga saja pada kesempatan yang laen bisa ikut Olimpiade Pajak lagi dan bisa juara dengan membawa nama sekolah SMK DR.SJAHRIR Medan.

Pesan Dan Kesan Promosi Di Gebyar SMK

Kesan : Promosi sekolah waktu di Event Gebyar SMK rasanya sangat menyenangkan dan seru karena saat itu kami dapat memberikan penjelasan kepada orang lain, adik-adik kelas dan para orang tua mengenai sekolah SMK dengan jurusan Akuntansi/Perpajakan yg merupakan satu-satunya di Sumut bahkan di Indonesia. Sehingga mereka tertarik dan harapan kami adalah dapat mengajak juga sekalian bisa mengajak adik-adik SMP untuk melanjutkan sekolah ke SMK DR.SJAHRIR nantinya jika sudah lulus dari Sekolah Menengah Pertama.

Selain itu kami juga dapat mengenal sekolah-sekolah SMK lainnya seprti jurusan kimia, musik, tata boga, penerbangan dan masih banyak lagi. Disitu kami juga mengunjungi stand masing-masing sekolah sehingga mengetahui lebih jauh tentang potensi-potensi SMK yang ada di SUMUT.

Pesan : Semoga setiap tahun ada acara seperti ini gebyar SMK jd SMK DR.SJAHRIR bisa ikut acara ini supaya semakin banyak orang yang tau SMK DR.SJAHRIR dan makin bertambah banyak lagi murid-muridnya.

Kesan dan Pesan PKL di Perusahaan Konsultan Pajak di Jakarta

Kesan : Hari pertama menuju tempat PKL rasanya senang, tetapi ada juga ada rasa takut karena mengira org Jakarta sombong dan susah diajak komunikasi. Namun waktu sudah sampai di sana, cici dan koko disini langsung nyambut dengan baik dan langsung diajak kenalan Kebetulan saya dan Apit satu lokasi tempat PKL yaitu di Mangga Besar ato nama kerennya "Mabes."

Di tempat PKL saya ada empat orang yang kerja yaitu namanya ci Mimi, ci Vani, ko Frans dan ko Yunus. Mereka semua baik sekali terus juga orangnya sering bercanda. Trus banyak yang saya dapatkan dari mereka mengenai pajak. Terimakasih banyak cici dan koko yang rela meluangkan waktu untuk mengajari kami.  Pokoknya enak deh PKL disini karena dapat belajar banyak hal dari cara input PPN, PPH pasal 23, PPH pasal 4 ayat (2)  dan melapor SPT ke KPP dan masih banyak hal lagi yang kami dapatkan saat  PKL/Magang kerja.

Pesan :Semoga ini dapat menjadi awal yang baik bagi saya nantinya, Semoga adik-adik kelas kami juga dapat seperti kami PKL di Jakarta terlebih lagi pengalaman yang didapat dari PKL ini bisa digunakan sebagai tambahan pengetahuan dan modal kerja nanti setelah lulus sekolah..

0 comments:

Post a Comment