Sunday 26 May 2013

Saya terpilih untuk melaksanakan PKL di Kanwil DJP Sumut I- Medan

Alur cerita masuk ke sekolah SMK Dr Sjahrir
Awalnya setelah lulus dari SMP saya tidak pernah untuk berpikir untuk melanjutkannya ke SMK karena setelah tamat SMP saya akan melanjutkannya ke SMA favorit saya sesuai keinginan ortu bukan masuk kejuruan . Tetapi oleh karena nilai UN saya yang rendah , saya tidak lulus seleksi masuk ke sekolah negeri. Terasa sedih karena saya tidak dapat menurutin keinginan ortu saya. Tetapi dari hal ini saya tidak akan terus kecil hati sebab masih ada kesempatan untuk memilih sekolah lain yang lebih bagus dan lebih baik dari sekolah negeri.

Seiringnya waktu yang berjalan dan saya pun berubah pikiran, saya menetapkan pilihan untuk lanjut ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dikarenakan SMK itu menuntut kita mandiri, lebih menonjolkan keahlian masing-masing dan masa depan pun terjamin.
Saya bingung, SMK mana yang cocok untuk saya saat itu, saya terus mencari informasi dan terus mencari, akhirnya suatu hari saya telah mendapatkan pilihan yaitu SMK Dr Sjahrir dengan Jurusan Akuntansi konsentrasi Perpajakan yang menghipnotis saya untuk masuk dan menuntut ilmu.
Karena saya suka dengan mata pelajaran yang berhubungan dengan angka seperti Matematika dan Akuntansi . Saya rasa saya tidak salah memilih sekolah yang benar-benar bagus dan baik yang menjamin masa depan saya.

Akhirnya orangtua saya setuju dengan pilihan saya dan langsung mendaftarkan saya ke SMK DR SJAHRIR.
Pengalaman selama di SMK DR SJAHRIR dan Magang Kerja(PKL) di Jakarta.

Berawal dari MOS siswa/i SMK Dr Sjahrir di Sibolangit yang mengajarkan kami untuk
  • saling membantu teman
  • bahu membahu teman yang kesulitan
  • belajar mandiri
  • belajar disiplin
  • belajar kebersamaan tanpa memandang perbedaan yang kami miliki
  • belajar bertanggung jawab
Itulah hal yang saya dapat selama kegiatan MOS, menuntun kita untuk melakukannya dikegiatan sehari hari baik di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakat dll .
MOS pun berakhir dan kemudian dilanjutkan dengan proses Belajar Mengajar, dalam PBM saya merasa nyaman, asyik dan mudah untuk mengerti karena guru guru yang Humoris, profesional dan berintergritas tinggi.
Di sekolah saya merasa nyaman karena memiliki Kepsek yang lain daripada lainnya, di SMK DR SJAHRIR saya menganggap mereka seperti keluarga saya, yang tidak mengenal capek untuk memberikan arahan-arahan dan motivasi motivasi yang membuat saya menjadi lebih baik lagi.
Di SMK DR SJAHRIR saya diangkat sebagai ketua OSIS pertama, Ketua Kelas, Panitia Pelaksana MOS dan saya juga pernah diangkat sebagai MC pada acara perayaan Natal keluarga besar SMK DR SJAHRIR dan STIE Indonesia. Kemudian saya juga pernah ikut Turnamen Catur pelajar yang diadakan
untuk pelajar sekota Medan walaupun belum pernah juara tetapi saya sudah berusaha memberikan yang terbaik buat SMK DR SJAHRIR, kemudian saya juga pernah ikut Olimpiade Perpajakan di UMSU tingkat Mahasiswa/i , kami punya tekad kuat untuk ikut, kami adalah peserta satu satunya yang masih tingkat SMK dan kami menduduki peringkat 5 dari beberapa universitas lainnya. Tidak hanya itu saja, saya juga pernah mengikuti kompetisi Cerdas Cermat bidang AKUNTANSI di salah satu Universitas di Medan yang akhirnya harus berhenti di babak 9 besar dari sekolah Se-Sumatera Utara. Kemudian pengalaman yang terkesan itu waktu saat mengikuti turnamen Futsal se-kota Medan di YP.Raksana yang menduduki peringkat ke 4 dari berbagai sekolah di kota Medan.

Banyak cerita dan kesan saya hanya selama kurang lebih satu setengah tahun di SMK Dr Sjahrir, senang sedih dijalani. Pada Februari 2013 tepatnya kami anak kelas 2 SMK ( angkatan pertama ) DR SJAHRIR akan melaksanakan PKL di suatu lembaga instansif. Bersyukur saya terpilih untuk melaksanakan PKL di Kanwil DJP Sumut I , banyak pengalaman dan sharing ilmu yang saya dapat dari mereka, tiba tiba itu semua harus berhenti, Kepsek datang dan menarik kami semua yang ada di Kanwil DJP Sumut I karena alasan dari sebagian kami ada yang terpilih untuk dipindahkan PKL ke Jakarta. PUJI TUHAN, saya mendapatkan kesempatan untuk PKL di Jakarta tepatnya di kantor Konsultan Pajak. Kabar baik yang sudah sedikit membuka jalan saya untuk kedepannya, manatau saya lulus SMK DR SJAHRIR dapat bekerja disana sambil kuliah.

Tanggal 22 Maret 2013 waktu kami untuk berangkat kejakarta dan membuka lembaran baru, banyak ilmu yang saya dapatkan yang menambah wawasan saya akan perpajakan yang belajar langsung dengan para ahli konsultan pajak, lebih mandiri, lebih bertanggung jawab dalam setiap pekerjaan yang diberikan kepada saya, lebih teliti dalam melakukan pekerjaan karena di perpajakan itu bersifat sistematis yang akan mempengaruhi kekayaan seseorang nantinya.

Hanya sampai disini saja, saya bisa menceritakan kesan pesan saya selama di sekolah kebanggaan saya, jika ada kata yang tidak berkenan di hati pembaca saya meminta maaf
Sekian dan terima kasih =))

Apit Pardamean Purba

1 comments: