Sunday 10 April 2016

PRAKTEK KERJA LAPANGAN DISERTAI PROSES PENDEWASAAN DIRI DEMI TUNTUTAN KURIKULUM & PEKERJAAN

ALWI SYAHPUTRA

PRAKTEK KERJA LAPANGAN DISERTAI PROSES PENDEWASAAN DIRI DEMI TUNTUTAN KURIKULUM & PEKERJAAN

Perkenalkan nama saya ALWI SYAHPUTRA yang merupakan siswa SMK DR. SJAHRIR yang duduk dikelas XI yang sedang melaksanakan PRAKTEK KERJA LAPANGAN  (PKL) di Konsultan Pajak yang berada di Jakarta .
Disini saya akan berbagi pengalaman dengan anda semuanya disaat saya melakukan Praktek Kerja Lapangan di Jakarta .
KESAN :
    Awal saya melaksanakan PKL di Jakarta , saya sangat merasa percaya diri tanpa beban batin dan fisik sekalipun karena saya telah dibekali ilmu yang merupakan kejuruan saya dan terlebihnya dibekali dengan prinsip professional bekerja yang baik oleh semua guru-guru saya . Setelah saya selesai berancang-ancang untuk mempersiapkan segala hal baik kurikulum maupun kedisiplinan , akhirnya waktu telah mepertemukan saya dengan kegiatan PKL di Jakarta , saya bekerja dan belajar banyak hal dikantor konsultan ini mulai dari melakukan kegiatan rekapitulasi , menjurnal , membuat buku pembelian serta penjualan , menginput rekening Koran , menginput pajak masukan serta keluaran , mengecek ulang data , mengetik SSP , setor pajak ke bank persepsi , lapor pajak ke KPP , dan melakukan pengarsipan , yang semuanya membutuhkan konsetrasi tingkat tinggi .
    Dalam melakukan pekerjaan diatas , saya dibimbing oleh pegawai-pegawai yang ada dikonsultan ini , mereka merupakan salah satu gudang ilmu terbesar yang harus kita rampok ilmunya untuk bisa lebih dari mereka , mereka tidak hanya mengajarkan saya dalam pekerjaan diatas , melainkan ada hal pembelajaran lain yang mereka ajarkan ke saya seperti berintegritas dalam menjalankan pekerjaan , menanamkan etika kedisiplinan , serta menanamkan sifat kemandirian untuk saya yang sebagai generasi penerus bangsa .
    Tuntutan dunia pekerjaan , membuat saya semakin giat dan semangat dalam menjalankan kegiatan PKL tersebut demi menorehkan hasil kurikulum dan personality yang dapat saya terapkan langsung kelak saya menjadi pegawai seperti mereka , tetapi cita-cita saya tidak ingin menjadi pegawai seperti mereka , saya ingin menjadi AR (Account Representative)  yang mampu mengelola , mengidentifikasi , mengukur dan menerapkan proses dari alur perpajakan serta pembukuan perusahaan maupun perorangan . Jadi , untuk hal itu juga saya harus melaksanakan tuntutan kurikulum dijenjang yang lebih tinggi lagi .
    Sebenarnya masih banyak kesan yang belum saya uraikan dalam tulisan saya ini , namun saya akan membagikannya secara langsung/praktek terhadap adik-adik kelas yang nantinya bisa sebagai penerus bangsa kita yang mulai roboh kekuatannya dalam pengelolaan keuangan Negara .
PESAN :
    Untuk adik-adik sekaligus orang yang membaca tulisan saya ini , berhak tau yaitu Salah satu kunci kesuksesan adalah PERCAYA DIRI . Sebuah kunci Percaya diri adalah PERSIAPAN.
"Keep going and never quit! The champion is never quit."
"Never give up for fix mistakes, and keep stepping."
“Try It On Everything”
SMK BISA !!!
SMK DR.SJAHRIR LUAR BIASA !!!
“LULUS SEKOLAH SIAP PAKAI SIAP KERJA DAN SEBAGAI GENERASI PEMBAHARUAN BIJAK PAJAK “

0 comments:

Post a Comment